Rabu, 18 Desember 2013

ADM KESISWAAN DAN HUMAS


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Administrasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas arsip mengarsip,catat- mencatat,mengagendakan dan lain sebagainya mengenai suatu hal atau kegiatan.
Dalam suatu lembaga pendidikan, didalamnya terdapat wakil kepala sekolah terutama untuk pendidikan menengah pertama dan menengah atas.Wakil kepala sekolah bertugas membantu kepala sekolah dalam menyelesaikan tugas atau mengurusi bidang garapan sesuai dengan bidangnya masing- masing.
Wakil kepala sekolah yang mengurusi bidang siswa dimanakan waka kesiswaan.Wakil kepala sekolah yang mengurusi bidang hubungan sekolah dengan masyarakat,dengan komite,dengan orang tua wali atau dengan siswa sekalipun,dinamakan waka humas.
Kesemuanya itu waka kesiswaan dan waka humas bertanggung jawab atas urusannya masing- masing dan melaporkan hasil kegiatannya kepada Kepala Sekolah yang bersangkutan.
B.  Rumusan Masalah
1.    Pengertian Administrasi Kesiswaan dan Pengertian Administrasi Humas?
2.    Ruang Lingkup Administrasi Siswa?
3.    Penerimaan siswa baru?
4.    Ketatausahaan siswa?
5.    Komunikasi Persekolahan?
6.    Jenis- jenis Humas Pendidikan?
7.    Pola Pelaksanaan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat?
C.  Tujuan Penulisan
       Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita semua paham pengertian administrasi kesiswaan dan administrasi huas,Ruang lingkup administrasi kesiswaan,Bagaimana penerimaan siswa baru.
BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Administrasi Kesiswaan dan Pengertian Administrasi Humas
Administrasi siswa adalah kegiatan pencatatan siswa mulai dari proses penerimaan hingga siswa tersebut lulus dari sekolah.
Administrasi humas adalah Administrasi yangberkaitan antara sekolah dengan siswa,dengan orang tua wali,dengan masyarakat sekitar,dengan komite sekolah atau dengan pihak- pihak terkait.
B.  Ruang Lingkup Administrasi Siswa
Dengan melihat pada proses memasuki sekolah sampai sisw meninggalkannya terdapat 4 kelompok administrasi kesiswaan; (1) penerimaan siswa (2) ketatausahaan siswa (3) pencatatan bimbingan dan penyuluhan (4) Pencatatan prestasi belajar.
      
C.  Penerimaan siswa baru
Penerimaan siswa baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah,karena peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah.
       Kesalahan dalam penerimaan siswa baru dapat menentukan sukses tidaknya usaha pendidikn di sekolah yang bersangkutan,kapan penerimaan siswa baru dilakukan.
       Penerimaan siswa baru bukanlah hal yang ringan, maka menjelang tahun ajaran baru proses penerimaan siswa baru harus dilakukan.Untuk itu maka penunjukan panitia penerimaan siswa baru telah dilakukan oleh kepala sekolah sebelum tahun ajaran berakhir.Panitia penerimaansiswa baru sisfatnya tidak tetap, jadi akan dibubarkan jika tugasnya telah selesai.
       Tugas Panitia Penerimaan;
1. Menentukan banyaknya siswa yang diterima
2. Menentukan syarat- syarat penerimaan siswa baru
3. Melaksanakan penyaringan
4. Mengadakan pengumuman penerimaan
5. Mendaftarkan kembali calon yang sudah diterima
6. Melaporkan hasil pekerjaan kepada Kepala Sekolah
D.KETATAUSAHAAN SISWA
Sebagai tindak lanjut dari penerimaan siswa maka kini menjadi tugas tata usaha sekolah untuk memproses siswa- siswa tersebut dalam catatan sekolah.Catatan sekolah dibedakan menjadi dua jenis;
1.      Catatan untuk seluruh sekolah
2.   Catatan untuk satu kelas
Jenis- jenis catatan ini antara lain;
a.       Buku Induk
Yaitu buku yang digunakan untuk mencatat data semua anak yang pernah dan sedang mengikuti pembelajaran disekolah tersebut.
b.      Buku Klaper
Yaitu buku pelengkap buku induk yang dituliskan menurut abjad dan berfungsi untuk membantu petugas dalam mencari data dari buku induk.
c.       Catatan Tata Tertib Sekolah
Yaitu catatan atau peraturan yang bukan hanya diperlukan bagi siswa saja,tetapi juga untuk guru dan karyawan lain.
E.Komunikasi Persekolahan
Apabila sekolah dipandang sebagai suatu organisasi maka komunikasi yang terjadi dibedakan atas komunikasi internal dan komunikasi ekternal.
a.       Komunikasi Internal adalah komunikasi yang terjadi didalam sekolah
1.Antara Kepala Sekolah dengan Guru
2. Antara Kepala Sekolah dengan Siswa
3. Antara Kepala Sekolah dengan Tata Usaha
4. Antara Guru dengan Guru
5. Antara guru dengan siswa
6. Antara Guru dengan Tata Usaha
7. Antara Siswa dengan Tata Usaha
b. Komunikasi ekternal,yaitu komunikasi yang terjadi antara sekolah dengan masyarakat yakni orang tua atau wali dan masyarakat pada umumnya.

F. Jenis- jenis Humas Pendidikan
Humas pendidikan meliputi pembiacaraan hubungan masyarakat luas yang pesannya berupa masalah-masalah pendidikan.Jadi dalam keiatan humas terkadang suatu kegiatan komunikasi,humas pendidikan bukan hanya terjadi pada sekolah saja,akan tetapi dapat menyangkut semua bentuk komunikasi tentang masalah pendidikan.
Pentingnya humas pendidikan dapat diterangkan sebagai berikut;
1.                  Humas merupakan suatu kegiatan yang sangat diperlukan dalam semua pelaksanaan pekerjaan yang memiliki sarana untuk mengenalkan diri kepada masyarakat luas tentang apa yang sedang atau akan dikerjakan
2.                  Humas merupakan alat untuk menyebarkan gagasan kepada orang lain
3.                  Humas dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh bantuan yang diperlukan dari orang atau badan lain.
4.                  Humas mendorong usaha sesorang atau suatu badan untuk membuka diri agar diberikan masukan dengan kritik dan saran dari orang lain.
5.                  Humas memenuhi keinginantahuan manusia dalam rangka memenuhi naluri untuk selalu berkembang.
Kegiatan humas selalu dilakukan dengan komunikasi.Jika ditinjau dari segi komunikasi,maka dapat dilakukan dengan dua cara;
1.                  Komunikasi Formal, yaitu komunikasi yang dilakukan oleh petugas- petugas yang ditunjuk oleh lembaga atau istansi untuk melakukan humas.Kegiatan komunikasi formal ini dilakukan secara sistematis,terencana tujuannya dan dinyatakan dengan jelas
2.                  Komunikasi informal yaitu semua pemindahan gagasan atau ide- ide yang dilakukan melalui jalur yang tidak direncanakan terlebih dahulu.
G. Pola Pelaksanaan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
1. Perencanaan meliputi;
a. Identifikasi masalah
Perlu disepakati apa yang merupakan masalah utama
b.   Perumusan masalah
c.    Perumusan tujuan
d. analisis dan seleksi alternative pemecahan masalah
e. identifikasi sumber penunjang/ hambatan
f. Penyusunan program
h. Menyusun jadwal pertemuan
2. Pelaksanaan
a. Menyampaiakan rencana diatas kepada orang tua siswa melalui rapat berturut-turut,
b. Mengundang para alumni melalui pengurusnya untuk hal yang sama
c. Mengumpulkan orng tua siswa tertentu dan beberapa tokoh masyarakat dengan maksud yang sama
3. Pengorganisasian
a. Mengukuhkan atau memilih pengurus baru BP3,alumni dan panitia
b. Menjelaskan uraian tugas dan kerangka organisasi sehingga jelas siap yang menangani
c.Menyusun program kegiatan
4. Laporan awal tahun pelajaran
a. Setiap semester dibuat laporan terinci dan disampaikan kepada anggota
b. Laporan awal tahun pelajaran


















BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Administrasi siswa adalah kegiatan pencatatan siswa mulai dari proses penerimaan hingga siswa tersebut lulus dari sekolah.
Administrasi humas adalah Administrasi yangberkaitan antara sekolah dengan siswa,dengan orang tua wali,dengan masyarakat sekitar,dengan komite sekolah atau dengan pihak- pihak terkait
terdapat 4 kelompok administrasi kesiswaan; (1) penerimaan siswa (2) ketatausahaan siswa (3) pencatatan bimbingan dan penyuluhan (4) Pencatatan prestasi belajar.
Penerimaan siswa baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah,karena peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah.
Sebagai tindak lanjut dari penerimaan siswa maka kini menjadi tugas tata usaha sekolah untuk memproses siswa- siswa tersebut dalam catatan sekolah.
Apabila sekolah dipandang sebagai suatu organisasi maka komunikasi yang terjadi dibedakan atas komunikasi internal dan komunikasi ekternal.
            Humas pendidikan meliputi pembiacaraan hubungan masyarakat luas yang pesannya berupa masalah-masalah pendidikan.Jadi dalam keiatan humas terkadang suatu kegiatan komunikasi,humas pendidikan bukan hanya terjadi pada sekolah saja,akan tetapi dapat menyangkut semua bentuk komunikasi tentang masalah pendidikan.

     
B.  Saran
          Sebagai salah satu yang ikut menyukseskan jalannya pembelajaran.Sebagai kesiswaan dalam sekolah sebaiknya memberikan layanan yang baik terhadap siswa.Sebagai humas juga diharapkan bisa memuaskan pelayanan terhadap yang memerlukan layanan humas.


















DAFTAR PUSTAKA
·         Prof.Dr.Suharsimi Arikunto.2012.Manajemen Pendidikan.Yogyakarta:Aditya Media
·         Didin Kurniawan, M.Pd.2012.Manajemen Pendidikan (Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan). Yogyakarta:Ar- Ruzz Media.