BAB
I
PENDAHULUAN
A.LATAR
BELAKANG
Setelah proses belajar- mengajar
selesai,proses selanjutnya adalah kita mengadakan evaluasi.Evaluasi mutlak
dilaksanakan untuk menjadi landasan bagaimana langkah selanjutnya atau apakah
cara mengajar kita kepada peserta didik sudah sesuai dengan kemampuan peserta
didik apa belum.
Sebagai calon
pendidik,pemahaman dalam mengadakan
evaluasi sangat diperlukan,evaluasi ditinjau dari segi validitasnya dibagi
menjadi dua,yaitu tes standar dan tes buatan guru.
Makalah kelompok kami yang
berjudul”Tes Standar dan Tes Buatan Guru”,semoga dapat menjadi pencerah kita
dalam memahami tentang macam-macam evalausi.
B.RUMUSAN
MASALAH
Dalam makalah ini akan menjawab berbagai pertanyaan diantaranya:
1.
Apa Pengertian
tes standar dan tes buatan guru?
2.
Perbedaan
tes standar dan tes buatan guru?
3.
Bagaimana
kegunaan tes standar dan tes buatan guru?
4.
Apa
kelengkapan tes standar dan tes buatan guru?
C.TUJUAN
PENULISAN
Tujuan
dari penulisan makalah ini adalah agar kita semua mengerti dan paham pengertian
tes standar dan tes buatan guru,perbedaan tes standar dan tes buatan guru,
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
Tes standar adalah suatu tes dimana semua siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang sama dari sebagian besar pertanyaan dikerjakan
dengan mengikuti petunjuk yang sama dan dalam batasan waktu yang sama pula[1].
Tes standar adalah suatu tes yang
memenuhi suatu persyaratan validitas,reliabilitas,kepraktisan dan lainnya[2].Tes
standar umunya dibuat oleh suatu tim (guru,ahli psikologi,ahli bidang studi)
yang sebelum diteskan,diuji dahulu validitas,reabilitas,kepraktisan dan daya
bedanya.
Penyusunan tes standar selalu
mengusahakan agar sistem skoringnya sangat obyektif sehingga dapat diperoleh
reliabilitas yang sangat tinggi.Apabila mungkin dilakukan oleh mesin,hal ini
tidak berarti bahwa bentuk tes standar selalu pilihan ganda.
Tes buatan guru adalah suatu tes
yang tidak terlalu penting dipersoalkan validitas,reliabilitas dan lazimnya
disusun oleh guru tanpa bantuan para ahli dibidang tes.
B.
PERBEDAAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
Lihat tabel di bawah ini,perbedaan tes standar dan tes buatan guru[3]:
Tes Standar
|
Tes Buatan Guru
|
1. Didasarkan
atas bahan dan tujuan umum dari sekolah- sekolah diseluruh negara.
|
Didasarkan atas bahan dan tujuan khusus
yang dirumuskan oleh guru untuk kelasnya sendiri
|
2.
Mencakup
aspek yang luas dan pengetahuan atau keterampilan dengan hanya sedikit butir
tes untuk setiap keterampilan atau topik
|
Dapat terjadi hanya mencakup pengetahuan atau keterampilan yang
sempit.
|
3.
Disusun
dengan kelengkapan staf profesor,pembahas,editor,butir tes.
|
Biasanya disusun sendiri oleh guru dengan sedikit atau tanpa
bantuan orang lain atau tenaga ahli
|
4.
Menggunakan
butir-butir tes yang sudah diujicobakan (try out),analisis dan
direvisi menjadi sebuah tes
|
Jarang-jarang menggunakan butir-butir tes yang sudah
diujicobakan, dianalisi dan direvisi.
|
5.
Mempunyai
reliabilitas yang tinggi
|
Mempunyai reliabilitas yang sedang atu rendah
|
6.
Dimungkinkan
menggunakan norma untuk seluruh negara
|
Norma kelompok terbatas kelas tertentu.
|
C.
KEGUNAAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
Kegunaan tes standar yaitu:
1.
Membandingkan
prestasi belajar dengan pembawaan individu atau kelompok
2.
Membandingkan
tingkat prestasi siswa dalam keterampilan diberbagai bidang studi untuk
individu atau kelompok
3.
Membandingkan
prestasi siswa antar berbagai sekolah atau kelas
4.
Mempelajari
perkembangan siswa dalam suatu periode waktu tertentu
Kegunaan tes buatan guru:
1.
Untuk
menentukan seberapa baik siswa telah menguasai bahan pelajaran yang diberikan
dalam waktu tertentu
2.
Untuk
menentukan apakah tujuan sudah dicapai
3.
Untuk
memperoleh suatu tes
Selanjutnya baik tes standar dan tes buatan guru berguna untuk;
1.
Mengadakan
diagnosis terhadap ketidak mampuan siswa
2.
Menentukan
tempat siswa dalam suatu kelas atau kelompok
3.
Memberikan
bimbingan kepada siswa dalam pendidikan dan pemilihan jurusan
4.
Memilih
siswa untuk program- program kusus
D.
KELENGKAPAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
Sebuah tes sudah distandarisasikan dan
sudah dapat disebut sebagai tes standar, biasanya dilengkapi dengan sebuah
manual.Manual ini memuat keterangan- keterangan atau petunjuk-petunjuk yang
perlu terutama yang menjelaskan tentang pelaksanaan,menskor, dan mengadakan
interpretasi.
Secara garis besar tes standar dan
tes buatan guru ini memuat;
1.
Ciri-ciri
mengenai tes, misalnya menyebutkan tingkat validitas,reliabilitas dan
sebagainya.
2.
Tujuan
serta keuntungan dari tes, misalnya disebutkan untuk siapa tes tersebut
diberikan dan untuk tujuan apa.
3.
Proses
standarisasi tes,misalnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sampel;
-
Besarnya
sampel
-
Teknik
sampling
-
Kelompok
mana yang diambil sebagai sampel (sifat sampel),juga mengenai taraf kepercayaan
yang diambil dan sebagaimana kaitannya dengan hasil tes.
4.
Petunjuk-
petunjuk tentang cara melaksanakan tes, misalnya dilaksanakan dengan lisan atau
tertulis, waktu yang digunakan untuk mengerjakan setiap bagian dan lain
sebagainya.
5.
Petunjuk-
petunjuk bagaimana menskor, misalnya untuk beberapa skor tiap- tiap soal,
menggunakan sistem hukuman atau tidak,bagaimana cara menghitung nilai ahir dan
lain sebagainya.
6.
Petunjuk-
petunjuk untuk menginterprestasikan hasil, misalnya; betul nomer sekian sampai
sekian cocok untuk jabatan kepala seksi,betul nomer sekian saja, cocok untuk
jabatan guru dan sebagainya.
7.
Saran-
saran lain,misalnya; siapa harus menjadi pengawas,bagaimana jika tidak ada
calon yang mencapai skor tertentu dan lain sebagainya[4].
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Tes standar adalah suatu tes yang
memenuhi suatu persyaratan validitas,reliabilitas,kepraktisan dan lainnya.Tes
standar umunya dibuat oleh suatu tim (guru,ahli psikologi,ahli bidang studi)
yang sebelum diteskan,diuji dahulu validitas,reabilitas,kepraktisan dan daya bedanya.
Tes buatan guru adalah suatu tes
yang tidak terlalu penting dipersoalkan validitas,reliabilitas dan lazimnya
disusun oleh guru tanpa bantuan para ahli dibidang tes.
Perbedaan mendasar antara tes
standar dan tes buatan guru adalah pada validitas dan reabilitas tes tersebut.
Tes standar dan tes buatan guru
sangat berguna untuk dilakukan sesuai dengan tujuan tes masing- masing.
Kelengkapan tes standar dan tes
buatan guru diantaranya
1.
Ciri-ciri
mengenai tes
2.
Tujuan
serta keuntungan dari tes
3.
Proses
standarisasi tes
4.
Petunjuk-
petunjuk tentang cara melaksanakan tes
5.
Petunjuk-
petunjuk bagaimana menskor
6.
Petunjuk-
petunjuk untuk menginterprestasikan hasil
B.
SARAN
Dalam penggunaan tes baik standar dan buatan
guru harus disesuaikan dengan tujuan dari tes tersebut,sehingga dihasilkan
hasil yang sesuai dengan kebutuhan.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Ali
Imron,Prof.Dr.2012.Managemen Peserta Didik Berbasis Sekolah.Jakarta:Bumi
Aksara
2.
Arikunto,S.2003.Dasar-Dasar
Evaaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara
3.
A.Tabrani
Rusyan,Dr.1993.Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung:Refika
Ofset
4.
Prof.Dr.S.Eko
Putro Widoyoko,M.Pd.2011.Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka
Pelajar
terima kasih. makalahnya membantu pengetahuan saya.
BalasHapusterimakasih atas makalahnya,,
BalasHapus