Rabu, 20 November 2013

TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU


BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
            Setelah proses belajar- mengajar selesai,proses selanjutnya adalah kita mengadakan evaluasi.Evaluasi mutlak dilaksanakan untuk menjadi landasan bagaimana langkah selanjutnya atau apakah cara mengajar kita kepada peserta didik sudah sesuai dengan kemampuan peserta didik apa belum.
            Sebagai calon pendidik,pemahaman  dalam mengadakan evaluasi sangat diperlukan,evaluasi ditinjau dari segi validitasnya dibagi menjadi dua,yaitu tes standar dan tes buatan guru.
            Makalah kelompok kami yang berjudul”Tes Standar dan Tes Buatan Guru”,semoga dapat menjadi pencerah kita dalam memahami tentang macam-macam evalausi.
           
B.RUMUSAN MASALAH
            Dalam makalah ini akan menjawab berbagai pertanyaan diantaranya:
1.      Apa Pengertian tes standar dan tes buatan guru?  
2.      Perbedaan tes standar dan tes buatan guru?
3.      Bagaimana kegunaan tes standar dan tes buatan guru?
4.      Apa kelengkapan tes standar dan tes buatan guru?

C.TUJUAN PENULISAN
            Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita semua mengerti dan paham pengertian tes standar dan tes buatan guru,perbedaan tes standar dan tes buatan guru,






BAB II
PEMBAHASAN
A.                PENGERTIAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
            Tes standar adalah suatu tes dimana semua siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sama dari sebagian besar pertanyaan dikerjakan dengan mengikuti petunjuk yang sama dan dalam batasan waktu yang sama pula[1].
            Tes standar adalah suatu tes yang memenuhi suatu persyaratan validitas,reliabilitas,kepraktisan dan lainnya[2].Tes standar umunya dibuat oleh suatu tim (guru,ahli psikologi,ahli bidang studi) yang sebelum diteskan,diuji dahulu validitas,reabilitas,kepraktisan dan daya bedanya.
            Penyusunan tes standar selalu mengusahakan agar sistem skoringnya sangat obyektif sehingga dapat diperoleh reliabilitas yang sangat tinggi.Apabila mungkin dilakukan oleh mesin,hal ini tidak berarti bahwa bentuk tes standar selalu pilihan ganda.
            Tes buatan guru adalah suatu tes yang tidak terlalu penting dipersoalkan validitas,reliabilitas dan lazimnya disusun oleh guru tanpa bantuan para ahli dibidang tes.
B.                 PERBEDAAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
            Lihat tabel di bawah ini,perbedaan tes standar dan tes buatan guru[3]:
Tes Standar
Tes Buatan Guru
1.      Didasarkan atas bahan dan tujuan umum dari sekolah- sekolah diseluruh negara.
Didasarkan atas bahan dan tujuan khusus yang dirumuskan oleh guru untuk kelasnya sendiri
2.      Mencakup aspek yang luas dan pengetahuan atau keterampilan dengan hanya sedikit butir tes untuk setiap keterampilan atau topik
Dapat terjadi hanya mencakup pengetahuan atau keterampilan yang sempit.
3.      Disusun dengan kelengkapan staf profesor,pembahas,editor,butir tes.
Biasanya disusun sendiri oleh guru dengan sedikit atau tanpa bantuan orang lain atau tenaga ahli
4.      Menggunakan butir-butir tes yang sudah diujicobakan (try out),analisis dan direvisi menjadi sebuah tes
Jarang-jarang menggunakan butir-butir tes yang sudah diujicobakan, dianalisi dan direvisi.
5.      Mempunyai reliabilitas yang tinggi
Mempunyai reliabilitas yang sedang atu rendah
6.      Dimungkinkan menggunakan norma untuk seluruh negara
Norma kelompok terbatas kelas tertentu.

C.                KEGUNAAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
           
            Kegunaan tes standar yaitu:

1.      Membandingkan prestasi belajar dengan pembawaan individu atau kelompok
2.      Membandingkan tingkat prestasi siswa dalam keterampilan diberbagai bidang studi untuk individu atau kelompok
3.      Membandingkan prestasi siswa antar berbagai sekolah atau kelas
4.      Mempelajari perkembangan siswa dalam suatu periode waktu tertentu
            Kegunaan tes buatan guru:
1.      Untuk menentukan seberapa baik siswa telah menguasai bahan pelajaran yang diberikan dalam waktu tertentu
2.      Untuk menentukan apakah tujuan sudah dicapai
3.      Untuk memperoleh suatu tes
Selanjutnya baik tes standar dan tes buatan guru berguna untuk;
1.      Mengadakan diagnosis terhadap ketidak mampuan siswa
2.      Menentukan tempat siswa dalam suatu kelas atau kelompok
3.      Memberikan bimbingan kepada siswa dalam pendidikan dan pemilihan jurusan
4.      Memilih siswa untuk program- program kusus
D.                KELENGKAPAN TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
            Sebuah tes sudah distandarisasikan dan sudah dapat disebut sebagai tes standar, biasanya dilengkapi dengan sebuah manual.Manual ini memuat keterangan- keterangan atau petunjuk-petunjuk yang perlu terutama yang menjelaskan tentang pelaksanaan,menskor, dan mengadakan interpretasi.
            Secara garis besar tes standar dan tes buatan guru ini memuat;
1.      Ciri-ciri mengenai tes, misalnya menyebutkan tingkat validitas,reliabilitas dan sebagainya.
2.      Tujuan serta keuntungan dari tes, misalnya disebutkan untuk siapa tes tersebut diberikan dan untuk tujuan apa.
3.      Proses standarisasi tes,misalnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sampel;
-          Besarnya sampel
-          Teknik sampling
-          Kelompok mana yang diambil sebagai sampel (sifat sampel),juga mengenai taraf kepercayaan yang diambil dan sebagaimana kaitannya dengan hasil tes.
4.      Petunjuk- petunjuk tentang cara melaksanakan tes, misalnya dilaksanakan dengan lisan atau tertulis, waktu yang digunakan untuk mengerjakan setiap bagian dan lain sebagainya.
5.      Petunjuk- petunjuk bagaimana menskor, misalnya untuk beberapa skor tiap- tiap soal, menggunakan sistem hukuman atau tidak,bagaimana cara menghitung nilai ahir dan lain sebagainya.
6.      Petunjuk- petunjuk untuk menginterprestasikan hasil, misalnya; betul nomer sekian sampai sekian cocok untuk jabatan kepala seksi,betul nomer sekian saja, cocok untuk jabatan guru dan sebagainya.
7.      Saran- saran lain,misalnya; siapa harus menjadi pengawas,bagaimana jika tidak ada calon yang mencapai skor tertentu dan lain sebagainya[4].
           



























BAB III
PENUTUP
A.                KESIMPULAN
            Tes standar adalah suatu tes yang memenuhi suatu persyaratan validitas,reliabilitas,kepraktisan dan lainnya.Tes standar umunya dibuat oleh suatu tim (guru,ahli psikologi,ahli bidang studi) yang sebelum diteskan,diuji dahulu validitas,reabilitas,kepraktisan dan daya bedanya.
            Tes buatan guru adalah suatu tes yang tidak terlalu penting dipersoalkan validitas,reliabilitas dan lazimnya disusun oleh guru tanpa bantuan para ahli dibidang tes.
            Perbedaan mendasar antara tes standar dan tes buatan guru adalah pada validitas dan reabilitas tes tersebut.
            Tes standar dan tes buatan guru sangat berguna untuk dilakukan sesuai dengan tujuan tes masing- masing.
            Kelengkapan tes standar dan tes buatan guru diantaranya
1.      Ciri-ciri mengenai tes
2.      Tujuan serta keuntungan dari tes
3.      Proses standarisasi tes
4.      Petunjuk- petunjuk tentang cara melaksanakan tes
5.      Petunjuk- petunjuk bagaimana menskor
6.      Petunjuk- petunjuk untuk menginterprestasikan hasil
B.                 SARAN
      Dalam penggunaan tes baik standar dan buatan guru harus disesuaikan dengan tujuan dari tes tersebut,sehingga dihasilkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.






          
DAFTAR PUSTAKA



1.      Ali Imron,Prof.Dr.2012.Managemen Peserta Didik Berbasis Sekolah.Jakarta:Bumi Aksara
2.      Arikunto,S.2003.Dasar-Dasar Evaaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara
3.      A.Tabrani Rusyan,Dr.1993.Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung:Refika Ofset
4.      Prof.Dr.S.Eko Putro Widoyoko,M.Pd.2011.Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar



[1] Arikunto,S.2003.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi  Aksara hal.145
[2] Rusyan,T.1993.Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Bina Budaya hal.122
[3] Ibid, hal.147
[4] Ibid , hal.150

2 komentar: