Selasa, 15 Januari 2013

Analisis Kebijakan Pendidikan


ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN 
GLOBALISASI DAN LIBERALISASI
DALAM PENDIDIKAN
A.Taufik Hidayah TR
Pengertian
 suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.
 hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk .2005)
Perubahan2 dalam Masyarakat:
1.Perubahan individu
2.Perubahan klpk
3.Perubahan budaya
4.Perubahan politik
5.Perubahan teknologi
6.Perubahan ekonomi
  ( Patrick G Boyle, 1981)
PERUBAHAN DALAM PENDIDIKAN (= PERILAKU)
PERUBAHAN PENDIDIKAN  YANG TERJADI PADA UNSUR PERILAKU MANUSIA, BAIK PADA : ASPEK PENGETAHUAN, SIKAP, MAUPUN KETRAMPILAN
PERUBAHAN PERILAKU BERSIFAT MIKRO DAN BERBASIS INDIVIDU
TERJADI PADA TINGKAT INDIVIDU DAN KELOMPOK YANG LEBIH BESAR YANG MELINGKUNGI INDIVIDU TSB.
  RAMALAN PERUBAHAN
Alvin Toefler (Anshori, 2000):    
     Ia   meramalkan   bahwa dalam GLOBALISASI akan memunculkan adanya  perubahan yang luar biasa akibat gelombang  teknologi komunikasi  .
Menurut dia, ada ancaman  GLOBALISASI yang harus disikapi.
PENGARUH GLOBALISASI 
GLOBALISASI BISA MELEMAHKAN KEDAULATAN NASIONAL DAN KOMUNITAS NASIONAL
DALAM GLOBALISASI, AKIBAT KURANGNYA DAYA SAING AKAN BISA TERLIBAS OLEH KEKUATAN  SUPERPOWER.

GLOBALISASI BISA MENGAKIBATKAN HILANGNYA IDENTITAS KULTUR NASIONAL, SEDANGKAN KEMAMPUAN UNTUK BERTAHAN TERGANTUNG  AKSES PADA KEKUATAN SUPERPOWER
PENGARUH GLOBALISASI
BISA AKAN TERJADI.EKSPLOITASI TERHADAP NEGARA KURANG BERKEMBANG
SEBENARNYA, GLOBALISASI JUGA MERUPAKAN PELUANG MAJU BAGI SUATU NEGARA
 DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF?
ERA GLOBALISASI  MEMPERKENALKAN  BUDAYA GLOBAL  (TERMASUK ICT)  >> BERDAMPAK  POSITIF / NEGATIF
KARENA ITU, PENGARUHNYA    BISA  MENJADI ANCAMAN dan/atau TANTANGAN    BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA >> PERLU  KEWASPADAAN (NASIONAL)
 WTO DAN GATS
1.SEJAK 1995 INDONESIA TELAH MENJADI ANGGOTA WTO, YAITU   IKUT MERATIFIKASI  SEMUA PERJANJIAN-PERJANJIAN PERDAGANGAN MULTILATERAL.
2.2005 NEGARA-NEGARA ANGGOTA WTO  MENANDATANGANI GENERAL AGREEMENT ON TRADE IN SERVICES (GATS) YANG MENGATUR LIBERALISASI PERDAGANGAN 12 SEKTOR JASA, ANTARA LAIN   TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI,   PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN SELAMA HAYAT, SERTA JASA2 LAINNYA.
3.     GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI SUATU KENISCAYAAN.
 WTO DAN GATS
4.    INTERNASIONALISASI TIDAK MUNGKIN DIHINDARI KARENA SEBAGAI BANGSA HARUS IKUT AKTIF  
         ( PEMBUKAAN UUD 1945…  ikut melaksanakan ketertiban dunia yg berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…” )
5.     GLOBALISASI  SEBENARNYA BERMAKSUD  MEMBUKA PELUANG BAGI NEGARA BERKEMBANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAANNYA MELALUI PERDAGANGAN GLOBAL    
6.     TAPI, ADA DAMPAK/PENGARUH  LIBERALISASI DLM PENDIDIKAN à (POSITIF  /NEGATIF)  
 MENGAPA  KITA PEDULI LIBERALISASI PENDIDIKAN?
GLOBALISASI  MEMPERKENALKAN BUDAYA ASING  ( BUDAYA GLOBAL DAN LIBERALISASI DAGANG ) 
    >> BERDAMPAK BESAR  POSITIF/  NEGATIF
TERMASUK DI DALAMNYA> PENGARUH PENDIDIKAN ASING, BISA  MENJADI ANCAMAN BAGI  PENDIDIKAN NASIONAL     
    >> SHG PERLU PEDULI&WASPADA
DALAM KENYATAANNYA AKIBAT GLOBALISASI TERJADI INTERDEPENDENSI YANG TIDAK SIMETRIS ANTARA NEGARA MAJU & NEGARA BERKEMBANG.
MANIFESTASI GLOBALISASI PENDIDIKAN
BERKEMBANG PASAR PENDIDIKAN TANPA BATAS   ( BORDERLESS EDUCATION MARKET)
SELAIN MOTIF FILANTROPIS JUGA PROFIT
ADA CABANG SUATU LEMBAGA PENDIDIKAN DI LN
TERJADINYA WARALABA PENDIDIKAN
PENDIDIKAN JARAK JAUH, DLL.
4 MODEL PENYEDIAAN JASA PENDIDIKAN DALAM WTO
1.CROSS-BORDER SUPPLY  > Menawarkan kuliah2 melalui  internet/online degree
2.   CONSUMPTION ABROAD > Mhs belajar di PT/sekolah luar negeri
3.   COMERCIAL PRESENCE > Kerjasama dengan pendidikan LN spt: partnership; subsidiary; twinning; doble dengree, dll.
4.PRESENCE OF NATURAL PERSONS > Pengajar asing mengajar di lembaga pendidikan lokal. ( Sofian Effendi, 2007)
BEBERAPA  PERSOALAN KITA
Menghadapi
GLOBALISASI
 DAYA SAING PENDIDIKAN INDONESIA
PERLU STANDAR MUTU PENDIDIKAN
    UNTUK MELAKSANAKAN  MUTU PENDIDIKAN,
    DIPERSYARATKAN ADANYA 2 HAL:
1.PENETAPAN STANDAR MUTU PENDIDIKAN
2.EVALUASI/PENILAIAN/AUDIT 
   TERHADAP STANDAR MUTU                                          PENDIDIKAN
STRATEGI 1:
         MENINGKATKAN STANDAR  MUTU DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN   YG RELEVAN  DGN KEBUTUHAN 
STRATEGI 2:
         MENINGKATKAN MUTU GURU/USTADZ/ TENAGA PENDIDIK   DAN KINERJA MNJN PENDIDIKAN    SERTA MENGUSAHAKAN PENGAKUAN INTERNASIONAL HASIL PENDIDIKAN 
STRATEGI 3:
         MENINGKATKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN NILAI-NILAI DASAR (PANCASILA/AGAMA)   SBG FILTER SYSTEM  THDP P’RUH LIBERALISASI & BUDAYA ASING  
 
KOMPONEN
STANDAR MUTU PENDIDIKAN NASIONAL
JAWABAN KEWASPADAAN THDP
LIBERALISASI TEKNOLOGI INFORMASI&KOMUNIKASI
DALAM PENDIDIKAN
    MENJAGA MUTU  PENDIDIKAN KITA.

   DENGAN   SDM MENINGKAT, KITA TIDAK AKAN TEROMBANG-AMBING DAN TETAP BISA WASPADA TERHADAP PENGARUH PENDIDIKAN  ICT (INTERNET)
KOMPETENSI GURU DAN ICT
MENGUBAH POLA HUBUNGAN GURU-MURID, TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL DAN SISTEM PENDIDIKAN SECARA KESELURUHAN
DIDUKUNG OLEH KOMPETENSI GURU YANG STANDAR. SALAH SATU DARI KOMPETENSI = PEMILIKAN KEMAMPUAN/ PENGUASAAN  ICT ( INTERNET ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar