ANALISIS
KEBIJAKAN PENDIDIKAN
GLOBALISASI
DAN LIBERALISASI
DALAM
PENDIDIKAN
A.Taufik Hidayah TR
Pengertian
suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.
hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison
A. Jamli dkk .2005)
Perubahan2 dalam Masyarakat:
1.Perubahan individu
2.Perubahan klpk
3.Perubahan budaya
4.Perubahan politik
5.Perubahan teknologi
6.Perubahan ekonomi
(
Patrick G Boyle, 1981)
●
●
PERUBAHAN DALAM PENDIDIKAN (= PERILAKU)
PERUBAHAN PENDIDIKAN YANG TERJADI PADA UNSUR PERILAKU MANUSIA,
BAIK PADA : ASPEK PENGETAHUAN, SIKAP, MAUPUN KETRAMPILAN
PERUBAHAN PERILAKU BERSIFAT MIKRO DAN BERBASIS
INDIVIDU
TERJADI PADA TINGKAT INDIVIDU DAN KELOMPOK
YANG LEBIH BESAR YANG MELINGKUNGI INDIVIDU TSB.
RAMALAN PERUBAHAN
Alvin Toefler (Anshori, 2000):
Ia meramalkan bahwa dalam GLOBALISASI akan memunculkan adanya perubahan yang luar biasa akibat gelombang teknologi komunikasi .
Menurut dia, ada ancaman GLOBALISASI yang harus disikapi.
PENGARUH GLOBALISASI
GLOBALISASI
BISA MELEMAHKAN KEDAULATAN NASIONAL DAN KOMUNITAS NASIONAL
DALAM GLOBALISASI, AKIBAT
KURANGNYA DAYA SAING AKAN BISA TERLIBAS OLEH KEKUATAN SUPERPOWER.
GLOBALISASI BISA
MENGAKIBATKAN HILANGNYA IDENTITAS KULTUR NASIONAL, SEDANGKAN KEMAMPUAN UNTUK
BERTAHAN TERGANTUNG AKSES PADA KEKUATAN
SUPERPOWER
PENGARUH
GLOBALISASI
BISA AKAN TERJADI.EKSPLOITASI TERHADAP NEGARA
KURANG BERKEMBANG
SEBENARNYA, GLOBALISASI JUGA MERUPAKAN PELUANG
MAJU BAGI SUATU NEGARA
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF?
ERA GLOBALISASI
MEMPERKENALKAN BUDAYA
GLOBAL (TERMASUK ICT) >> BERDAMPAK POSITIF / NEGATIF
KARENA ITU, PENGARUHNYA BISA
MENJADI ANCAMAN dan/atau TANTANGAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN
BERNEGARA >> PERLU KEWASPADAAN (NASIONAL)
WTO DAN GATS
1.SEJAK 1995 INDONESIA TELAH MENJADI ANGGOTA WTO, YAITU IKUT MERATIFIKASI SEMUA PERJANJIAN-PERJANJIAN PERDAGANGAN
MULTILATERAL.
2.2005
NEGARA-NEGARA ANGGOTA WTO MENANDATANGANI
GENERAL AGREEMENT ON TRADE IN SERVICES (GATS) YANG MENGATUR LIBERALISASI PERDAGANGAN 12 SEKTOR JASA, ANTARA
LAIN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI, PENDIDIKAN TINGGI DAN PENDIDIKAN
SELAMA HAYAT, SERTA JASA2 LAINNYA.
3. GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI SUATU KENISCAYAAN.
WTO DAN GATS
●
4. INTERNASIONALISASI TIDAK MUNGKIN DIHINDARI KARENA SEBAGAI BANGSA
HARUS IKUT AKTIF
( PEMBUKAAN UUD 1945… “ikut melaksanakan ketertiban dunia yg berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…” )
5. GLOBALISASI SEBENARNYA
BERMAKSUD MEMBUKA PELUANG BAGI NEGARA
BERKEMBANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAANNYA MELALUI PERDAGANGAN GLOBAL
6. TAPI, ADA DAMPAK/PENGARUH LIBERALISASI DLM PENDIDIKAN à
(POSITIF /NEGATIF)
MENGAPA
KITA PEDULI LIBERALISASI PENDIDIKAN?
GLOBALISASI MEMPERKENALKAN BUDAYA ASING ( BUDAYA GLOBAL DAN LIBERALISASI DAGANG )
>> BERDAMPAK BESAR POSITIF/ NEGATIF
TERMASUK DI
DALAMNYA> PENGARUH PENDIDIKAN ASING, BISA
MENJADI ANCAMAN BAGI PENDIDIKAN NASIONAL
>> SHG
PERLU PEDULI&WASPADA
DALAM
KENYATAANNYA AKIBAT GLOBALISASI TERJADI INTERDEPENDENSI
YANG TIDAK SIMETRIS ANTARA NEGARA MAJU &
NEGARA BERKEMBANG.
MANIFESTASI GLOBALISASI PENDIDIKAN
BERKEMBANG
PASAR PENDIDIKAN TANPA BATAS (
BORDERLESS EDUCATION MARKET)
SELAIN
MOTIF FILANTROPIS JUGA PROFIT
ADA
CABANG SUATU LEMBAGA PENDIDIKAN DI LN
TERJADINYA
WARALABA PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
JARAK JAUH, DLL.
4 MODEL
PENYEDIAAN JASA PENDIDIKAN DALAM WTO
1.CROSS-BORDER
SUPPLY > Menawarkan kuliah2 melalui
internet/online degree
2.
CONSUMPTION ABROAD > Mhs belajar di PT/sekolah luar negeri
3. COMERCIAL PRESENCE > Kerjasama dengan pendidikan LN spt: partnership; subsidiary;
twinning; doble dengree, dll.
4.PRESENCE
OF NATURAL PERSONS > Pengajar asing mengajar di lembaga pendidikan lokal. ( Sofian Effendi, 2007)
BEBERAPA PERSOALAN KITA
Menghadapi
GLOBALISASI
Menghadapi
GLOBALISASI
DAYA
SAING PENDIDIKAN INDONESIA
PERLU STANDAR MUTU PENDIDIKAN
UNTUK MELAKSANAKAN MUTU PENDIDIKAN,
DIPERSYARATKAN ADANYA 2 HAL:
1.PENETAPAN
STANDAR MUTU PENDIDIKAN
2.EVALUASI/PENILAIAN/AUDIT
TERHADAP STANDAR MUTU
PENDIDIKAN
STRATEGI 1:
MENINGKATKAN
STANDAR MUTU DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN YG RELEVAN DGN KEBUTUHAN
STRATEGI 2:
MENINGKATKAN MUTU GURU/USTADZ/ TENAGA PENDIDIK DAN KINERJA MNJN PENDIDIKAN SERTA MENGUSAHAKAN
PENGAKUAN INTERNASIONAL HASIL PENDIDIKAN
STRATEGI 3:
MENINGKATKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN
NILAI-NILAI DASAR (PANCASILA/AGAMA) SBG FILTER SYSTEM THDP P’RUH LIBERALISASI & BUDAYA ASING
KOMPONEN
STANDAR MUTU PENDIDIKAN NASIONAL
STANDAR MUTU PENDIDIKAN NASIONAL
JAWABAN KEWASPADAAN THDP
LIBERALISASI TEKNOLOGI INFORMASI&KOMUNIKASI
DALAM PENDIDIKAN
LIBERALISASI TEKNOLOGI INFORMASI&KOMUNIKASI
DALAM PENDIDIKAN
MENJAGA MUTU
PENDIDIKAN KITA.
DENGAN SDM MENINGKAT, KITA TIDAK
AKAN TEROMBANG-AMBING DAN TETAP BISA WASPADA TERHADAP PENGARUH PENDIDIKAN ICT (INTERNET)
KOMPETENSI GURU DAN ICT
•MENGUBAH POLA HUBUNGAN GURU-MURID, TEKNOLOGI
INSTRUKSIONAL DAN SISTEM PENDIDIKAN SECARA KESELURUHAN
•DIDUKUNG OLEH KOMPETENSI GURU YANG STANDAR.
SALAH SATU DARI KOMPETENSI = PEMILIKAN KEMAMPUAN/ PENGUASAAN ICT ( INTERNET ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar