file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/PENDIDIKAN%20UNTUK%20PEMBEBASAN.1ppt.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/Sosiologi%20Kurikulum1.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/sospen%20pertemuan1a.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/globalisasi%20pendidikan1(edit).ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/Sosiologi%20Kurikulum1.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/sospen%20pertemuan1a.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/globalisasi%20pendidikan1(edit).ppt
ANALISIS SOSIOLOGIS
Ø PERKEMBANGAN ANAK :
§ BIOLOGIS
§ PSIKOLOGIS
§ LOKALITAS BUDAYA :
ü Budaya Daerah (Jawa/Luar Jawa)
ü Corak Hidup (Desa/Kota)
ü Strata Sosial (Atas/Bawah)
ü Jenis Pekerjaan
§ LINGKUNGAN SOSIAL
Lanjutan :
- BUDAYA :
ü MATERIEL :
• Dekat Masjid >> Alim
• Lingkungan Bersih >> Sehat
ü NON MATERIEL :
• Aspek – Aspek Nilai / Norma yang Dipegangi. Misal : PANCASILA
- ALAM GEOGRAFIS
TRI PUSAT PENDIDIKAN
- KELUARGA >>
PINF (Orang Tua & Keluarga
- SEKOLAH >>
PF (Guru & Sumber Belajar yang Lain)
- MASYARAKAT
>> RNF (Heterogenitas Pergaulan)
HUBUNGAN GURU-MURID
KECENDERUNGAN YANG ADA :
v GURU LEBIH BERKUASA TERHADAP
MURID
v YANG DIHARAPKAN BERUBAH > “MURIDNYA”
v GURU BERUSAHA MEMPENGARUHI MURID
v HUBUNGAN PENGUASA ß à YANG DIKUASAI
v HUB. TIDAK SETARA
SEHARUSNYA ?
à HUBUNGAN SETARA
à GURU= FASILITATOR PERUBAHAN PERILAKU
= HANYA SALAH SATU
SUMBER BELAJAR
SEKOLAH DAN SOSIALISASI
- MEMPERSIAPKAN
KERJA
- MEMBERIKAN
KETRAMPILAN DASAR HIDUP
- PERBAIKAN NASIB /
PERAN MOBILITAS SOSIAL
- SIAPKAN TENAGA
TERAMPIL PEMBANGUNAN
- TRANSMISI BUDAYA /
AGENT OF CHANGE (FUNGSI TRANSFORMATIF)
- TRANSFORMASI
BUDAYA
- FUNGSI LAIN
>>>FUNGSI
KONSERVATIF SEKOLAH (?)
HUBUNGAN SEKOLAH – KELUARGA - ANAK
SIFAT PELAJAR :
- BAKAT
- KEMATANGAN MENTAL
- KEMATANGAN FISIK
- SIKAP
- KONDISI KESEHATAN
- UMUR
- KELAMIN
SIFAT PENGAJAR :
- SIKAP
- KEMAMPUAN
INTELEKTUAL
- KETRAMPILAN &
PENAMPILAN FISIK
- KESEHATAN
- UMUR
- KELAMIN
SIFAT KELOMPOK :
- HOMOGINITAS
- HITEROGINITAS
- KEKOMPAKAN
KELOMPOK DAN KEPEMIMPINANNYA
- BESAR / KECILNYA
KELOMPOK
MATERI :
- MACAM MATERI, JAM
PELAJARA DAN KUALITAS
- KURIKULUM
- KEGUNAAN
Terima Kasih, sampai jumpa
GEJALA SOSIAL -> SOSIOLOGI
Ibnu khaldun
Jauh sblm Comte, tepatnya tahun (1333-1406) sdh merumuskan satu model
tentang suku bangsa nomaden yang keras dan masyarakat 2 halus bertipe menetap
dlm suatu hubungan yang kontras.
Sikap ilmiah Ibnu Khaldun dlm menganalisa gejala sosial pada umumnya
mendekati bentuk penelitian ilmiah modern, dan secara substantif dpt
disejajarkan dengan teori sosial modern [Doule Paul Jhonson, hlm. 15]
Pengertian Sosiologi
(bahasa Latin)
Socius = teman, kawan, sahabat, dan
Logos = ilmu pengetahuan.
Artinya ?
•
Comte dan
Spencer (1820-1903)
seorang pendiri lainnya (Rush & Althoff, 1990,)menekankan,
masyarakat sebagai unit dasar
dari analis sosiologis, --- lembaga -
lembaga, seperti keluarga, dan lembaga-lembaga politik, ekonomi, keagamaan dan
interrelasi antara lembaga-lembaga tersebut merupakan sub unit dari analisa.
Patirin
Sorokin :
Sosiologi adalah ilmu yang
mempelajari;
Hubungan dan
pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, seperti
gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi,
ekonomi dan politik dan lain sebagainya.
Hubungan timbal
balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial. Gejala non sosial dapat berupa keadaan geografis, biologis dan
lain sebagainya.
Ciri-ciri umum
semua gejala sosial
ilmu
yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk
perubahan-perubahan sosial.
proses sosial
Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan
dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta
bentuk-bentuk hubungan diantara mereka.
proses sosial
•
Para sosiolog modern mendefinisikan
sosiologi sebagai “ilmu pengetahuan yang membahas kelompok-kelompok social” dan "studi mengenai interaksi-interaksi
manusia dan interrelasinya"
à, sosiologi memberikan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia.
(bukan tingkah laku individual dan tingkah laku kolektifnya secara terpisah
dari masyarakat, melainkan tingkah laku
manusia, baik individu maupun kolektif, dan relasinya dengan masyarakat. )
à menurut pandangan sosiologi modern,
sosiologi adalah studi mengenai tingkah laku manusia dalam konteks sosial.
Objek Sosiologi
Objek Material : kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses
hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
Objek
Formal : hubungan manusia antara manusia
serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
Objek
budaya
: Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu
dengan yang lain.
Objek Agama : Pengaruh dari
objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat.dan
banyak juga hal-hal ataupaun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.
Ruang lingkup pembahasan Sosiologi
Kegunaan Sosiologi
Sosiologi berguna untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada
tahap perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian pembangunan
Tanpa penelitian dan penyelidikan sosiologis tidak akan diperoleh
perencanaan sosial yang efektif atau pemecahan masalah-masalah sosial dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar