Selasa, 15 Januari 2013

Materi Sosiologi

file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/PENDIDIKAN%20UNTUK%20PEMBEBASAN.1ppt.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/Sosiologi%20Kurikulum1.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/sospen%20pertemuan1a.ppt
file:///F:/TTIP%20FILE%20STAINU/SEMESTER%201/8.SOSIOLOGI%20PENDIDIKAN/globalisasi%20pendidikan1(edit).ppt

ANALISIS SOSIOLOGIS
Ø  PERKEMBANGAN ANAK :
§  BIOLOGIS
§  PSIKOLOGIS
§  LOKALITAS BUDAYA :
ü  Budaya Daerah (Jawa/Luar Jawa)
ü  Corak Hidup (Desa/Kota)
ü  Strata Sosial (Atas/Bawah)
ü  Jenis Pekerjaan
§  LINGKUNGAN SOSIAL
Lanjutan :
  • BUDAYA :
ü  MATERIEL :
      Dekat Masjid  >> Alim
      Lingkungan Bersih  >> Sehat
ü  NON MATERIEL :
      Aspek – Aspek Nilai / Norma yang Dipegangi. Misal : PANCASILA
  • ALAM GEOGRAFIS
TRI PUSAT PENDIDIKAN
  1. KELUARGA >> PINF (Orang Tua & Keluarga
  2. SEKOLAH >> PF (Guru & Sumber Belajar yang Lain)
  3. MASYARAKAT >> RNF (Heterogenitas Pergaulan)
HUBUNGAN GURU-MURID
KECENDERUNGAN YANG ADA :
v  GURU LEBIH BERKUASA TERHADAP  MURID
v  YANG DIHARAPKAN BERUBAH > “MURIDNYA”
v  GURU BERUSAHA MEMPENGARUHI MURID
v  HUBUNGAN PENGUASA ß à YANG DIKUASAI
v  HUB. TIDAK SETARA
  
SEHARUSNYA ?
à HUBUNGAN SETARA
à GURU= FASILITATOR PERUBAHAN PERILAKU
            = HANYA SALAH SATU SUMBER BELAJAR
SEKOLAH DAN SOSIALISASI
  1. MEMPERSIAPKAN KERJA
  2. MEMBERIKAN KETRAMPILAN DASAR HIDUP
  3. PERBAIKAN NASIB / PERAN MOBILITAS SOSIAL
  4. SIAPKAN TENAGA TERAMPIL PEMBANGUNAN
  5. TRANSMISI BUDAYA / AGENT OF CHANGE (FUNGSI TRANSFORMATIF)
  6. TRANSFORMASI BUDAYA
  7. FUNGSI LAIN
      >>>FUNGSI KONSERVATIF SEKOLAH (?)
HUBUNGAN SEKOLAH – KELUARGA - ANAK
SIFAT PELAJAR :
  1. BAKAT
  2. KEMATANGAN MENTAL
  3. KEMATANGAN FISIK
  4. SIKAP
  5. KONDISI KESEHATAN
  6. UMUR
  7. KELAMIN
SIFAT PENGAJAR :
  1. SIKAP
  2. KEMAMPUAN INTELEKTUAL
  3. KETRAMPILAN & PENAMPILAN FISIK
  4. KESEHATAN
  5. UMUR
  6. KELAMIN
SIFAT KELOMPOK :
  1. HOMOGINITAS
  2. HITEROGINITAS
  3. KEKOMPAKAN KELOMPOK DAN KEPEMIMPINANNYA
  4. BESAR / KECILNYA KELOMPOK
MATERI :
  1. MACAM MATERI, JAM PELAJARA DAN KUALITAS
  2. KURIKULUM
  3. KEGUNAAN
Terima  Kasih, sampai jumpa
 
GEJALA SOSIAL  -> SOSIOLOGI
Ibnu khaldun
Jauh sblm Comte, tepatnya tahun (1333-1406) sdh merumuskan satu model tentang suku bangsa nomaden yang keras dan masyarakat 2 halus bertipe menetap dlm suatu hubungan yang kontras.
Sikap ilmiah Ibnu Khaldun dlm menganalisa gejala sosial pada umumnya mendekati bentuk penelitian ilmiah modern, dan secara substantif dpt disejajarkan dengan teori sosial modern [Doule Paul Jhonson, hlm. 15]
Pengertian Sosiologi
      (bahasa Latin)  
Socius = teman, kawan, sahabat, dan
Logos = ilmu pengetahuan.
Artinya ?
      Comte dan  Spencer (1820-1903)           seorang pendiri lainnya (Rush & Althoff, 1990,)menekankan,
   masyarakat sebagai unit dasar dari analis sosiologis,  --- lembaga - lembaga, seperti keluarga, dan lembaga-lembaga politik, ekonomi, keagamaan dan interrelasi antara lembaga-lembaga tersebut merupakan sub unit dari analisa.
             Patirin Sorokin :
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari;
Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, seperti gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, ekonomi dan politik dan lain sebagainya.
Hubungan timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial. Gejala non sosial dapat berupa keadaan geografis, biologis dan lain sebagainya.
Ciri-ciri umum semua gejala sosial 
             ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
             
proses sosial
Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan diantara mereka.
proses sosial

      Para sosiolog modern mendefinisikan sosiologi sebagai “ilmu pengetahuan yang membahas kelompok-kelompok social”  dan "studi mengenai interaksi-interaksi manusia dan interrelasinya"
 
    à, sosiologi memberikan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia. (bukan tingkah laku individual dan tingkah laku kolektifnya secara terpisah dari masyarakat,   melainkan tingkah laku manusia, baik individu maupun kolektif, dan relasinya dengan masyarakat. )
    à  menurut pandangan sosiologi modern, sosiologi adalah studi mengenai tingkah laku manusia dalam konteks sosial.
Objek Sosiologi
Objek Material  :    kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.
Objek Formal :   hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
Objek budaya : Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
Objek Agama : Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat.dan banyak juga hal-hal ataupaun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.
Ruang lingkup pembahasan Sosiologi
Kegunaan Sosiologi
Untuk pembangunan
Sosiologi berguna untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian pembangunan
Untuk penelitian
Tanpa penelitian dan penyelidikan sosiologis tidak akan diperoleh perencanaan sosial yang efektif atau pemecahan masalah-masalah sosial dengan baik


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar